Cara Untuk Jadi Penyanyi Dangdut Terkenal

Untuk menjadi biduan atau penyanyi Dangdut terkenal di Indonesia sebenarnya banyak cara atau kiatnya. Memang untuk menjadi populer itu gampang-gampang susah. Terkadang ada yang termotivasi ketika melihat sahabatnya sukses menjadi bintang populer di Indonesia, terlebih jika jalan menuju ke sana tak perlu mengeluarkan biaya berjuta-juta rupiah, atau mempunyai chanel untuk menuju ke kesuksesan.

Mungkin ada juga yang berpendapat bahwa mereka yang sudah terkenal menjadi penyanyi itu lantaran nasibnya bagus. Betul sekali !, tapi perlu diingat nasib itu juga ada di tangan kita sendiri. Tanpa ada usaha untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita, mana mungkin nasib bagus itu akan menghampiri diri kita. Untuk menjadi penyanyi Dangdut terkenal memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan dan pengorbanan, baik itu materi ataupun non-materi.

Jika sobat saat ini sudah menjadi penyanyi Dangdut dan berharap supaya bisa menjadi terkenal, tak ada salahnya jika membaca tips dan cara berikut ini :

Salah satu penyanyi kondang dengan cara kontroversial (goyang)

A. Jadi Penyanyi Terkenal Yang Mahal

Tentunya sobat kudu mengeluarkan uang berjuta-juta rupiah dengan cara ini karena sobat harus membiayai semua produksi album atau single hit dari awal sampai akhir. Dalam hal ini sobat harus mengeluarkan uang untuk biaya untuk membeli lagu dari seorang pencipta lagu ternama dan populer. Setelah itu, biaya recording, pembuatan video klip dan tentunya permohonan ijin hak cipta, promosi ke berbagai media, baik TV, radio, ataupun media online seperti youtube, dailymotion, reverbnation, soundcloud dan sebagainya.

Andai saja satu lagu saja membutuhkan biaya produksi sekitar 10 juta rupiah (termasuk promosinya), maka untuk satu album yang rata-rata terdiri dari 5-6 lagu, sobat harus mengeluarkan kocek sekitar 50-60 juta rupiah.

Dengan modal sebanyak itu, kira-kira bisa kembali kah modalnya?. Tentu saja bisa, jika cara yang dilakukannya tepat sasaran. Jangan kembali, andai saja sukses menjadi bintang, maka modal tersebut tak sebanding dengan penghasilan yang didapat nantinya. Apakah cara seperti ini dijamin sukses?. Jelas belum tentu, karena semuanya tergantung pada nasib juga. Akan tetapi perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan secara profesional (membeli lagu dari pencipta yang terkenal), promosi yang efekftiv dan tepat sasaran, dikelola dengan manajemen yang handal, jalan untuk menuju ke arah popularitas lebih mudah tercapai.

B. Cara Murah Menjadi Penyanyi Terkenal

Pernah dengar nama Nassar KDI? Lesti D'Academy?. Kedua bintang Dangdut populer Indonesia ini menggunakan cara ini, yaitu ikut kontes Dangdut di Indonesia untuk level nasional. Tapi kenapa hanya Nassar saja produk KDI yang terkenal hingga sekarang?. Salah satu kejeliannya adalah ia memanfaatkan infotainment. Melalui media inilah ia menjadi kembali populer setelah sebelumnya hampir tenggelam di telan bumi. Pernikahannya dengan seorang janda kaya yang kerap kali muncul di infotainment ini terbukti menjadi perhatian masyarakat luas. Sementara untuk teman-teman seperjuangan Nassar tidaklah mampu memanfaatkan program ini.

C. Cara Kontroversial

Mungkin sebaiknya cara ini dihindari, karena ini sebenarnya hanya wacana yang pernah terjadi di Indonesia. Ya, cara kontroversi artis terkenal karena goyangnya (goyang Ngebor, Ngecor, Gergaji) yang pernah dilakukan Inul, Depe, Uut Permatasari dan teman-teman seangkatannya ini ternyata mampu membuat mereka menjadi terkenal. Bahkan tak cuma sekedar populer saja. Inul, bahkan telah mendapat julukan sebagai "Bunda Ratu".

Ketika momen ini benar-benar mampu mengangkat popularitas pedangdut daerah, yang lain pun ikut menyusul; Sazkia Gotik, Trio Macan, Duo Racun, 2Unyu2, dan sebagainya. Meski kasusnya tak menjadi kontroversi lagi, namun proses ini adalah sebagai lanjutan dari apa yang dilakukan oleh Inul dan seangkatannya. Mungkin masyarakat bisa menilai, eksistensi Inul, Depe dan Uut di media televisi membuktikan bahwa apa yang dilakukan oleh mereka, bukan sesuatu hal yang negatif seperti apa yang pernah diperkirakan oleh masyarakat luas. Padahal, Inul sendiri telah menyatakan untuk berhenti goyang ngebor yang super kontroversial itu. Namun, popularitasnya ternyata masih eksis ditengah persaingan munculnya pendatang baru.

D. Cara Unik dan Menarik

Ayu Ting Ting menjadi terkenal lantaran mengikuti trend K-Pop (korean pop) yang waktu itu sedang meng-Indonesia. Lagunya yang sederhana dan terkesan unik telah mengantarkannya pada popularitas. Ya Ayu tidak populer lantaran goyang, tidak pula populer lantaran ia memiliki suara yang bagus waktu itu. Namun, gaya korea, wajah indo-china yang dimiliki Ayu membuat masyarakat Indonesia menyukainya.

Lagu berjudul Alamat Palsu yang sebenarnya tidak membutuhkan tehnik vokal tinggi ini menjadi lantaran naiknya popularitas Ayu sendiri. Syairnya menarik dan aroma lagunya juga unik. Selain Ayu ada pula nama Fitri Karlina, Melinda yang bisa terkenal seperti Ayu. Ada pula cara unik yang dilakukan Soimah.

E. Cara Negatif

Ini adalah cara terburuk seorang penyanyi untuk jadi terkenal. Biasanya menggunakan gosip-gosip dan tuduhan bugilitas (foto bugil) atau dengan kasus perselingkuhan. Sayangnya, trik ini banyak yang mengalami kegagalan. Yang paling parah adalah kasus beredarnya foto syur mirip Siti Badriah. Ada atau tidaknya isu tersebut, tidak mengurangi popularitas Siti. Selain itu banyak pula yang dilakukan oleh biduan lokal saat beraksi (pentas) di atas panggung dengan menelanjangi diri di atas panggung atau bahkan ada penyanyi diremas-remas oleh penonton dan diunggah ke Youtube atau media video online lain. Foto penyanyi asal Banjarnegara dan Jawa Timur yang diunggah ke internet juga tak berhasil mengantarkannya ke kesuksesan menjadi penyanyi populer di Indonesia.

F. Cara Alternatif

Masih ingatkan dengan Shinta dan Jojo serta Briptu Norman Kamaru?. Ya mereka terkenal dengan cara alternatif seperti ini. Hanya sekedar lypsing (Shinta Jojo) lagu Keong Racun, dan berjoget serta bergaya unik seperti penyanyi India (Norman) di kamera amatir (ponsel) lalu diunggah di Youtube serta disebarkan ke jejaring sosial (facebook, twitter,pinterest,linkedin,google plus dan lain-lain), membuat mereka menjadi populer di Indonesia.

Nah untuk mendukung cara-cara tersebut, sobat harus memperhatikan faktor-faktor berikut :
  1. Mempunyai banyak teman di jejaring sosial atau bisa juga di forum-forum terkenal di Indonesia seperti Kaskus, DetikForum, KapanLagi, Kompas dan sebagainya.
  2. Tidak sombong dan tidak egois. Artinya, sering berkomentar dan atau like status teman kita itu, jangan hanya ingin dilike atau dikomentari saja. Jadi ada rasa peduli, bahwa sesama teman saling menghargai, menghormati dan membutuhkan.
  3. Jangan cepat marah atau emosi sekalipun kata-kata itu menyudutkan privasi sobat. 
  4. Perbanyak pula persahabatan dan relasi di dunia nyata bisa dengan membuat stiker kecil yang berisi informasi sobat (alamat dan nope).
  5. Berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan, berdoa dan pasrah.
Perhatikan faktor-faktor itu dan coba hubungankan dengan berbagai cara di atas. Sekalipun sobat memilih cara yang mahal termasuk dalam promosi (di facebook juga ada fanspage berbayar untuk promosi), tak kan ada artinya jika sobat tidak punya banyak teman. Sombong dan egois, hanya mau dikomentari, hanya mau diretweed, dilike, hanya mau di mention, atau membuat status saja, ketika ada yang berkomentar didiamkan saja, lalu buat status yang lain, adalah hal yang merugikan sobat. Apalagi dalam hal ini sobat sedang promosi dengan salah satu cara di atas. Sebagai contoh begini, ketika sobat unggah video promosi ke youtube lalu dishare ke facebook, twitter dan jejaring sosial lain. Maka jika sobat punya sifat sombong dan egois, video itu tidak menjadi perhatian teman-teman. Namun ketika sobat sudah terkenal sebagai penyanyi yang baik, ramah dan supel, maka mereka akan tertarik untuk klik dan menonton video itu, atau bahkan mereka akan ikut share juga. Semakin banyak yang like, komentar dan juga share maka semakin memudahkan jalan sobat. Shinta Jojo dan Briptu Norman juga demikian.

Cepat marah, emosi ketika ada inbok yang tak senonoh atau kata-kata yang tidak pantas, juga akan menghambat sobat ketika berpromosi. Selain itu, mempunyai banyak sahabat di dunia nyata juga dapat memuluskan langkah sobat ke gerbang kesuksesan entah cara apapun yang dipakai. Dan cara yang terakhir yang terkadang disepelekan dan tidak dianggap penting adalah usaha dalam memperbaiki kualitas sebagai seorang penyanyi, menerima saran dan kritik (bukannya marah ketika dikritik), berdoa dan kemudian pasrah pada Tuhan.

Itulah beberapa tips dan cara untuk menjadi penyanyi Dangdut terkenal berdasarkan contoh fakta yang sudah ada. Jika sobat mau mengikuti jejak mereka yang sudah terkenal dan sukses, maka ikutilah cara yang menurut sobat paling mudah dan tidak perlu biaya mahal. Ketahuilah, zaman kebebasan seperti sekarang, lebih mudah untuk menjadi penyanyi kondang dan populer (meski terkadang mudah juga untuk tenggelam) dibandingkan dengan sebelum era 2000an.

Oiya, tips di atas adalah sebenarnya khusus untuk cewek. Soalnya sekarang musik Dadngdut didominasi oleh pedangdut wanita, jarang sekali atau bisa dikatakan tidak ada lagi generasi penerus artis senior seperti Mansyur S, Caca Handika, Hamdan ATT, Rhoma Irama, Ona Sutra dan lain-lain. Jangankan regenerasi, lha wong nyebut dan ngucap kata penyanyi dandut saja, pikiran kita tertuju ke kaum perempuan, betul tidak?

Kategori :

Info

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting