Camelia Malik - OM. Tarantulla (Review dan Download)

Setelah 2 berita artis terjaji di blog ini, kali ini saya kembali ke jalur download mp3. Dan Mp3 yang akan saya share kepada sobat adalah koleksi Camelia Malik di album the best of OM. Tarantulla feat Reynold Panggabean yang totalnya terdiri dari 14 buah judul lagu, yang menurut sumber diluncurkan pada 1993 (tapi saya baru memilikinya tahun 1998), benarkah album ini diluncurkan tahun 1993?. Jika ada di antara sobat yang paham betul seluk beluk album ini, mohon beri pencerahannya.

Album Camelia Malik dan Reynold Panggabean yang berjudul the best of Tarantulla merupakan kompilasi atau  potongan terbaik atau jika tersebut dalam sampul kasetnya dituliskan dalam bahasa Inggris 'best cut' yang diambil dari beberapa album sebelumnya, di antaranya album Colak Colek (1979), Raba-raba (1980) Gengsi Dong (1981), Ceplas Ceplos (1981), Murah Meriah (1986) dan Wakuncar (1989). Yang jelas album tersebut berisi lagu-lagu top yang pernah sukses hits di era 70-80an dengan banyak perubahan dari sisi aransemen musik yang jauh lebih 'ganas' dari sebelumnya. Namun, sebelum sobat download lagunya, alangkah baiknya luangkan waktu sejenak untuk membaca review atau penilaian pribadi saya terhadap isi lagu-lagu di album ini.

A. Review (Penilaian dan Opini Pribadi)

Arransemen Baru

Permainan skill individu para pemain begitu ditonjolkan dalam aransemen lagu di album the best of OM. Tarantula ini. Misalnya saja, lagu yang berjudul Aduhai dan Aduhai yang digarap dengan nuansa Rock, Blues, Jazz, nuansa etnik dipadu dengan Dangdut. Warna aransemen yang baru ini jelas sangat berbeda dengan versi sebelumnya, dan tentunya lebih 'ganas dan garang'. Tak heran jika Reynold sebagai penata musik mengundang musisi Rock ternama Indonesia (dulu masih tergabung dalam Gong 2000) untuk mengambil peran sebagai pemain keyboard, yakni Harry Anggoman. Selain lagu Aduhai, banyak juga tembang lain yang dirubah aransemennya, seperti Colak Colek, Gengsi Dong, dan lainnya.

Tingkat aransemen musik yang sangat ganas ini juga dibarengi dengan durasi waktu yang lama. Ada sekitar 4 lagu yang memiliki durasi waktu di atas 5 menit, di mana hanya menampilkan sedikit lirik saja, sementara sisanya didominasi oleh permainan musik individual pemain yang rata-rata diperankan oleh musisi Dangdut ternama, tentunya selain Harry Anggoman. Ada Husein yang berperan sebagai penabuh Gendang (Master Gendang Dangdut Indonesia), Syamsuri di seruling, dan Melody Guitar oleh Fadil Usman dan musisi lainnya. Dan untuk lagu terpanjang di album ini adalah ADUHAI. Jika dalam versi utuhnya tanpa diedit oleh uploader (tidak seperti yang ada di link download di bawah ini yang hanya 7 menitan saja), total durasinya mencapai 15 menitan !, dan itupun hanya satu reff saja. 

Benarkah aransemennya terbilang sulit di album ini?. Ya, bagi saya dan kebanyakan teman saya yang pernah menjadi 'pengamen ajaran', menganggap bawah aransemen baru yang terdapat dalam album itu tergolong sulit jika dibandingkan dengan lagu Dangdut yang biasa dipentaskan waktu itu. Jadi untuk menggarap lagu yang berjudul Aduhai dan Jelita ini tidak cukup untuk satu kali dua kali saja dalam hal haromonisasi dan kekompakan dengan teman musisi lain dalam batas waktu normal. Harus diulang dan diulang. Layak saja jika lagu-lagu di album ini pernah saya kategorikan sebagai salah satu lagu Dangdut tersulit untuk digarap musisi atau grup Dangdut.

Produsen/Hak Cipta/Distributor Resmi

Dengan wujud aransemen baru yang lebih ganas dan juga ekslusive ini, PT. Aquarius pun tak sungkan-sungkan untuk memproduksi dan menjadi distributor utama dan sekaligus menjadi pemegang hak cipta resmi album tersebut. Sebuah hal tidak biasa tentunya untuk produksi album Dangdut dipegang oleh PT. Aquarius waktu itu. Sehingga kita sangat sulit menemukan album Dangdut dalam sebuah kaset hasil produksi PT tersebut, karena mayoritas hak cipta dipegang oleh Blackboard, Akurama, Gajah Mada, MSC, dan lainnya yang lebih identik dengan Dangdut.

Komposer/Penata Musik/Pencipta Lagu

Komposer atau penata musik ulang lagu dan sekaligus sebagai pencipta dan penyanyi dalam album tersebut adalah sang pimp. grup, yaitu Reynold Panggabean sendiri.

Musisi atau Pengisi Musik

Lead guitar : Fadil Usman
Gendang : Husein
Seruling : Syamsuri
Lead Keybord : Harry Anggoman
Mandolin/Sitar : Hanif Radin
Bass : Poyo
Tamborin : Dayat
Drum : Sudi
Piano : Tommy

Penyanyi/Pengisi Vokal

Selain diisi vokal oleh artis Dangdut yang terlibat kasus perceraian dua kali yaitu dengan Reynold Panggabean dan Harry Capri, juga diisi oleh komposernya yaitu Reynold sendiri, baik untuk lagu duet seperti Goyang Senggol, Aduhai, Namamu, Sayangku dan lainnya ataupun solo seperti Repelita, Pengemis Cinta, Colak Colek, Wakuncar dll.. Jadi Reynold memegang banyak peranan dalam penggarapan album ini, luar biasa !.

B. Download lagu Camelia Malik dalam Album The Best Of Tarantulla

Seperti yang saya katakan di atas bahwa salah satu lagu tersulit dalam album tersebut adalah Aduhai yang memiliki waktu begitu lama (sekitar 15 menitan) dalam versi utuh tanpa edit seperti ketika saya masih memiliki kaset tersebut (sayang semua hancur terkubur tanah saat gempa Jogja). Sehingga jika sobat nanti download dan mendengarkannya hanya 7 menit lebih, itu bukan seperti yang terdapat dalam album tersebut, tetapi sudah dipotong atau diedit oleh si uploader di internet (4shared). Mungkin si uploader menganggap tidak terlalu penting, sehingga musik coda (penutup) yang cukup panjang dan berisi permainan skill individu masing-masing musisi dipotong.
Camelia Malik dan Reynold Panggabean di Cover Album Tarantula


Berikut ini daftar download semua koleksi Camelia Malik yang terdapat dalam album The Best Of Tarantulla yang mayoritas audionya berkualitas top dan tentunya stereobass, hanya beberapa lagu saja yang audionya kurang bagus.

 Side A.
  1. Raba-raba medley Kecup Kecup
  2. Repelita
  3. Jelita medley Pengemis Cinta
  4. Aduhai
Itulah posting yang bisa saya sajikan hari ini. Kurang lebihnya mohon maaf. Semoga terhibur dan bermanfaat. Oiya, di lain waktu saya akan posting lagu-lagu tersebut untuk versi pertama yang masih dalam aransemen asli.

Kategori :

Dangdut-Lawas

Sudah ribuan komentar yang terhapus dan dianggap SPAM/ dan melanggar, oleh karena itu jika komentarnya ingin muncul, berkomentarlah sesuai dengan isi posting. Jangan komentar dengan meninggalkan link atau kata-kata singkat seperti Sip gan, Mantaps gan, Terimakasih Gan, Goyang yuk, dan sejenisnya. Komentar setidaknya 3-5 kalimat yang berhubungan dengan posting